GUIDE NAIK GUNUNG # MERBABU # LAWU # PRAU # SEMERU # DST # 085.643.455.685 # 7A722B86

Kami adalah salah satu penyedia jasa layanan pemandu dan event organizer naik Gunung di Pulau Jawa. Kami juga menyediakan beberapa jadwal pendakian yang bisa diakses dan diakses dalam website ini. Gunung yang sering kami kunjungi diantaranya Gunung Merbabu, Gunung Prau, Gunung Lawu, dan lainnya.

GUA PINDUL # RAFTING OYA # OFFROAD # GUA INDAH # GUA SI OYOT # 085.643.455.685 # 7A722B86

Kami adalah salah satu agen resmi reservasi Gua Pindul, Rafting Oya dan Off Road. Keuntungan reservasi melalui kami ialah mendapatkan penawaran terbaik dari kami dan tanpa antri. #Pemandu Lokal #Transport Lokal 'PAJERO' #Ban #Pelampung #Asuransi #Wedang Pindul #Toilet Banyak #Parkiran Luas

TELAGA WARNA # KAWAH SIKIDANG # GUNUNG SIKUNIR # 085.643.455.685 # 7A722B86

Dieng Plateau mempunyai potensi alam yang luar biasa indahnya sehingga sangat kami sarankan untuk mengunjunginya. Selain Telaga Warna, Kawah Sikidang dan Candi Arjuna dalam beberapa bulan terakhir baru booming Gunung Sikunir dan Gunung Prau

RESTO INDRAYANTI # MALIOBORO # PRAMBANAN # BOROUBUDUR # 085.643.455.685 # 7A722B86

Resto Indrayanti merupakan obyek wisata baru yang sekarang menjadi tujuan wisata di Yogyakarta. Malioboro menjadi tujuan akhir wisata belanja. Mari yang berminat mengunjungi segera menghubungi admin.

AVANZA # INNOVA # ELF # ELF LONG # HIACE # BIG & MICRO BUS # 085.643.455.685 # 7A722B86

Kami mempunyai berbagai macam armada dengan harga bersahabat. Kami menyarankan bagi calon wisatawan apabila hendak mencari armada untuk liburan direncanakan jauh jauh hari guna mendapatkan pelayanan yang terbaik dari kami.

XploreWisata.Com :
Home » , , » Wisata Puncak Suroloyo, Titik Tertinggi Menoreh

Wisata Puncak Suroloyo, Titik Tertinggi Menoreh

Written By Syarifain Ghafur on Selasa, 13 Oktober 2015 | 16.32

Wisata Puncak Suroloyo, Titik Tertinggi Menoreh

Pilih Tempat Wisata Dengan Klik Pada Area Wisata

Gunakan Browser Chrome untuk dapat menggunakan peta


Wisata Puncak Suroloyo, Titik Tertinggi Menoreh


wisata alam indah - puncak suroloyo kulonprogo Jogja - sunrise
sunrise di puncak suroloyo

wisata alam indah - puncak suroloyo kulonprogo Jogja
pemandangan gunung Sumbing dan Sindoro dari puncak suroloyo

wisata alam indah - puncak suroloyo kulonprogo Jogja
menanti sunrise di puncak suroloyo

Wisata Alam Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo merupakan salah satu bukit tertinggi di pegunungan Menoreh yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, tepatnya di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh. Memiliki ketinggian sekitar 1.000 meter dari permukaan air laut.


Puncak Suroloyo merupakan bukit tertinggi di kawasan pegunungan Menoreh yang terletak di Kabupaten Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini merupakan salah satu tujuan wisata alam yang memiliki pemandangan indah nan mempesona.

Hal lain yang membuat tempat ini istimewa adalah jika cuaca cerah, biasanya pada pagi hari orang bisa memandang empat gunung besar di Jawa, yaitu Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro. Dari tempat ini juga kemegahan Candi Borobudur yang berada di Magelang juga bisa dilihat dengan jelas. Pesona alam dan mitos Puncak Suroloyo terletak di dusun Keceme, Gerbosari, kecamatan Samigaluh, Kulonprogo.

Peta Kawasan Wisata Suroloyo

Jalur Rute Menuju Puncak Suroloyo Kulonprogo Dari Jogja

Ada beberapa jalur untuk bisa mencapai tempat ini jika anda datang dari Jogja yakni:
  1. Melalui jalan Godean - Jembatan progo - 4an lampu merah nanggulan - 4an Dekso - Samigaluh - Puncak Suroloyo.
  2. Melalui jalan Godean - Jembatan progo - 4an lampu merah nanggulan - 4an Dekso  Kalibawang - Pasar Jagalan - puncak suroloyo
  3. Melalui jalan Magelang - Tempel - Kalibawang - Pasar Jagalan - puncak suroloyo
  4. Dari jalan Magelang - Pasar Muntilan - Kalibawang - pasar Jagalan- puncak suroloyo
Rute dari Kalibiru ke Suroloyo.
Buat Anda yang sedang berlibur di wisata Alam Kalibiru, Anda dapat menuju ke puncak suroloyo dengan waktu tempuh sekitar 1 jam dengan rute: Kalibiru - Clereng - Girimulyo - 4 Nanggulan - Suroloyo.

Dari rute tersebut yang paling mudah untuk dilalui adalah jalur yang melewati pasar Jagalan.

Jalur menuju tempat ini cukup sulit karena penuh tanjakan dan berbelok-belok. Namun, udara pegunungan yang sejuk dan pemandangan alam yang luar biasa indahnya akan mengobati.

Sejarah Suroloyo

Menurut informasi, Puncak Suroloyo memiliki kaitan sejarah dengan Kerajaan Mataram Islam. Dalam Kitab Cabolek yang ditulis Ngabehi Yasadipura pada sekitar abad ke-18 menyebutkan, suatu hari Sultan Agung Hanyokrokusumo yang kala itu masih bernama Mas Rangsang mendapat wangsit agar berjalan dari Keraton Kotagede kearah barat.

Petunjuk itupun diikuti hingga dia sampai di puncak Suroloyo ini. Karena sudah menempuh jarak sekitar 40 km, Mas Rangsang merasa lelah dan tertidur di tempat ini. Pada saat itulah, Rangsang kembali menerima wangsit agar membangun tapa di tempat dia berhenti. Ini dilakukan sebagai syarat agar dia bisa menjadi penguasa yang adil dan bijaksana.


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Team Undal-undul
Copyright © 2013. Mengenal Lebih Dekat Puncak Suroloyo Wisata Andalan Yogyakarta - All Rights Reserved
Template Finished @cikasrya editor Published by @cikarsya published
Proudly powered by @cikarsya donation